Apr 20, 2011

Asal Muasal Tren Warna

Warna, mode dan gaya, tiga hal yang saling berkaitan erat. Mode selalu berubah setiap saat dan sampai kapan pun harus terus berubah. Karena warna merupakan unsur paling penting dalam desain mode, warna pun dengan sendirinya ikut berubah.
Sering kita bertanya-tanya bagaimana warna-warna tertentu bisa serentak membanjiri pasar, dicari dan dikenakan banyak orang, lalu selang beberapa waktu tergantikan warna lain. Kecenderungan warna yang sering berganti ini tidak hanya terlihat dalam busana atau produk mode saja, tapi juga pernak pernik dan dekorasi rumah, peralatan elektronik,  bahkan warna mobil.
Itulah yang dinamakan trend warna, sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan modern sekarang ini. Karena warna bisa menggugah emosi dan suasana hati, menciptakan kesan bahkan menggugah ingatan. Sebagai contoh, kita biasanya lebih sering warna baju seseorang yang baru kita kenal ketimbang warnanya.
Sejak kapan dan dari mana tren warna berasal?
Prediksi warna sudah ada sejak akhir abad ke-19. Negara Prancis lah yang mengeluarkan kecenderungan warna yang ditujukan bagi pabrik tekstil, penyamakan kulit dan mereka yang bergerak dalam industri mode. Isinya tentang warna-warna yang sedang populer di kalangan penjahit baju dan pembuat topi di Paris.
Seiring berjalannya waktu, tren warna tidak lagi didominasi Prancis. Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Italia, Jepang termasuk Prancis sendiri umumnya memiliki kelompok yang mengembangkan arahan warna. Mereka menghadiri pertemuan setahun 2 kali untuk menentuka tren warna.
Mereka mengevaluasi warna yang terbilang ‘paling laris’ di pasar atau merencanakan warna yang akan tampil di pasar dalam siklus berikutnya, yang kemudian dikemas dalam bentuk ‘color forecast’ atau prediksi warna yang berlaku 18-24 bulan ke depan.
Diantara para penentu warna, Pantone Inc. memegang peranan cukup besar. Perusahaan yang berbasis di Amerika ini adalah penyedia dan penentu standar global warna untuk industri desain. Setiap tahun Pantone memilih ‘color of the year’ sebagai refleksi zaman, terutama untuk fashion, kosmetik dan produk interior.
Lalu, darimana ide tren warna didapatkan? Jawabannya bisa didapat dari manapun, lewat perjalanan, pengamatan, riset, bacaan hingga diskusi di berbagai bidang kehidupan, diantaranya fashion, gaya hidup, hiburan, seni, teknologi, peristiwa penting dan Poleksosbud.
Industri bahan seperti tekstil, kulit dan plastik merupakan yang paling awal menggunakan tren warna yang dikenalkan lewat ‘Trade Show’ atau pameran dagang khusus bahan di berbagai tempat. Pameran dagang di Paris merupakan yang paling berperan, disusul Frankfurt, Italia dan merambah ke Asia.

Penulis TN di Butik Mode
search engine optimization
Earn Money ! Affiliate Program
:: THOUGHTS ASIDE ::
How to tackle promoting a website, if you are a newcomer to the subject? The most challenging part would be finding a good service provider; someone with expertise, backed up with years of experience on the market. There are thousands of such services on the web, but we recommend Software Submit.NET search engine submission services for website owners. While being an expert in software promotion, they also have a great range of services for website owners, you do not have to sell software applications to be able to benefit from their services.
Work by: praca

Hotshort